Contoh Buku Perkawinan

herman02's picture

Contoh Buku Perkawinan

(bertepatan dengan hari Raya)

RITUS PEMBUKA  

Iringan mempelai bersiap di depan pintu gereja. Sementara MC menyapa undangan untuk mempersiapkan diri mengikuti upacara.

 MC Bapak/Ibu/Saudara/i yang terkasih,

Selamat siang dan selamat datang di Gereja Katedral, Jakarta. Hari ini merupakan suatu anugerah yang terindah yang telah Tuhan berikan kepada dua orang anak manusia;

Joseph

dan

Maria

Tuhan telah mempertemukan mereka sebagai sahabat. Tuhan pula yang menabur benih cinta dalam hati keduanya, memupuknya dengan kasih, pengertian dan toleransi, mengujinya dengan berbagai rintangan dan godaan, hingga akhirnya Tuhan pula yang mempersatukan cinta mereka dalam ikatan perkawinan kudus yang akan mereka terima hari ini Minggu, 15 Agustus 2010.

Bapak/Ibu/Saudara/i yang terkasih,

Sekarang kita semua yang hadir disini akan menjadi saksi saat-saat terindah dimana persatuan cinta mereka berdua akan diberkati dan kita akan memberikan doa restu bagi mereka berdua. Upacara ini akan dipimpin oleh Romo ...., SJ  Romo ....., MSC, dan Romo ....., Pr.

Agar perayaan ekaristi dapat berjalan dengan hikmat, mohon alat telekomunikasi untuk sementara dimatikan.

Mari kita semua berdiri untuk menyambut dan mengantar kedua calon mempelai ke hadapan Altar Tuhan.

Penyambutan Mempelai

Mempelai beserta rombongan berhimpun di depan pintu gereja atau tempat perayaan. Imam menyambut kedua mempelai di pintu utama dengan menggunakan busana liturgi berwarna putih didampingi putra-putri altar. Imam menyampaikan salam dan menyatakan bahwa Gereja ikut berbahagia bersama mempelai.

I = Selamat datang, saudara-saudari yang dikasihi Tuhan. Kita berhimpun di sini untuk merayakan Santa Maria Diangkat ke Surga dan mengawali perayaan perkawinan  Joseph dan  Maria. Gereja menyambut saudara-saudari dan ikut bergembira dalam perayaan kasih ini.

WK =  Romo .............., yang terhormat, seluruh keluarga '............. /Nama Kel Mempelai Pria' dan  '............../ Nama Kel  Mempelai Wanita ' hendak mengantar Joseph dan Maria memasuki hidup perkawinan. Kami mohon agar perkawinan mereka dikukuhkan dan diberkati sesuai dengan ajaran dan tata cara Gereja Katolik.

I = Semoga Tuhan berkenan akan kehendak dan harapan kita semua. Marilah kita bersama-sama menuju ke depan Altar Tuhan.

Perarakan

Secara berurutan putera-putri Altar, imam, kedua mempelai, orangtua, saksi dan kerabat berarak menuju depan Altar dan kemudian menuju tempat masing-masing yang telah disediakan. Paling akhir adalah pengantin. Perarakan diiringi Intoritus (Antifon Pembuka) Wahyu 12:1; Mazmur 97 (98):1

Signum Magnum * apparuit in caelo: mulier amicta sole, et luna sub pedibus ejus, et in capite ejus corena stellarum duodecim.

 

 

 

Mazmur : Cantate Dominum canticum novum: * quia mirabilia fecit.

 

Tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

 

 

Mazmur : Nyanyikanlah lagu baru bagi TUHAN, karena perbuatan-perbuatannya yang mengagumkan.

 

Tanda Salib dan Salam

I = Dalam nama + Bapa dan Putera dan Roh Kudus

U = Amin

I = Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu

U = dan bersama rohmu

 

Kata Pembuka

I = Saudara-saudari sekalian, hari ini kedua mempelai datang ke sini dengan permohonan agar cinta kasih mereka dikuduskan oleh Tuhan di hadapan saudara-saudari. Pengudusan cinta kasih ini bagi kedua mempelai merupakan sakramen, yaitu tanda kehadiran Tuhan di tengah keluarga yang akan mereka bangun bersama. Ini berarti pula bahwa Tuhan berkenan mendampingi keluarga mereka siang dan malam, sepanjang hidup mereka. Allah telah menguduskan ikatan suami istri dan mengangkat perjanjian nikah menjadi lambang persatuan Kristus dan Gereja. Maka marilah kita mempersiapkan diri agar layak merayakan peristiwa penyelamatan ini.

I = Saudara-saudari terkasih, Kita semua bersatu padu dalam iman akan Kristus, yaitu karunia dari Allah yang dicurahkan kedalam hati kita, dan kita ikrarkan ketika dibabtis. Oleh karena itu, marilah kita kenangkan saat pembabtisan kita, awal hidup baru dalam iman, sumber dan dasar setiap panggilan Kristiani.

I = Bapa yang mahakudus, Roh-Mu telah melayang-layang di atas air untuk menguduskannya dan untuk menumbuhkan yang baik darinya + Curahkanlah Roh-Mu ke atas air ini supaya air ini menjadi tanda kelahiran kami kepada kekudusan.

I = Ya Allah Bapa, seperti Engkau menumbuhkan segala yang hidup dengan air, demikian, tumbuhkanlah kami kepada kesucian dengan perantaraan air ini.

Ya Allah Putera, Engkau menumbuhkan hidup ilahi di dalam hati manusia. Segarkanlah rahmat-Mu itu di dalam hati kami dengan perantaraan air ini.

Ya Allah Roh Kudus, Engkau menumbuhkan pertobatan dan pengudusan di dalam hati manusia. Sucikanlah kami dari dosa dengan perantaraan air ini.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus

U = Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan dan sepanjang segala abad. Amin

Imam memerciki dirinya sendiri, putra-putri Altar, dan kemudian memerciki mempelai dan seluruh umat

Asperges me, Domine, hyssopo, et mundabor:
Lavabis me, et super nivem dealbabor.
Miserere mei, Deus, secundum magnam misericordiam tuam.
Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto.
Sicut erat in principio, et nunc, et semper, et in saecula saeculorum. Amen.

-----------------------------------------------------------------
Setelah pemercikan selesai, dinyanyikan Gloria (Missa de Angelis).

Glória in excélsis Deo
et in terra pax homínibus bonae voluntátis.
Laudámus te,
benedícimus te,
adorámus te,
glorificámus te,
grátias ágimus tibi propter magnam glóriam tuam,
Dómine Deus, Rex cæléstis,
Deus Pater omnípotens.
Dómine Fili Unigénite, Iesu Christe,
Dómine Deus, Agnus Dei, Fílius Patris,
qui tollis peccáta mundi, miserére nobis;
qui tollis peccáta mundi, súscipe deprecatiónem nostram.
Qui sedes ad déxteram Patris, miserére nobis.
Quóniam tu solus Sanctus, tu solus Dóminus, tu solus Altíssimus,
Iesu Christe, cum Sancto Spíritu: in glória Dei Patris. Amen

Doa Pembuka

I = Marilah berdoa

Allah yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah mengangkat Bunda PuteraMu, Santa Perawan Maria yang tidak bernoda dengan jiwa dan raganya ke dalam kemuliaan surga. Kami mohon dengan rendah hati, semoga hati dan budi kami selalu terarah kepadaMu, agar kami pun pantas menikmati kemuliaan yang telah Kauberikan kepadanya. Demi Yesus Kristus PuteraMu yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa.

U = Amin

======================================== 

LITURGI SABDA

Bacaan Pertama

Pembacaan dari Kitab Wahyu (11:119a; 12:1-6a.10b)

L = Aku, Yohanes melihat bait Allah di surga terbuka, dan tabut perjanjian kelihatan di dalamnya. Lalu tampaklah suatu tanda besar di langit: seorang wanita berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. Kemudian tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan. Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota. Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya. Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya. Lalu wanita itu lari ke padang gurun. Kemudian aku mendengar suara yang nyaring di surga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara- saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Demikianlah Sabda Tuhan,

U = Syukur kepada Allah

 

Mazmur Tanggapan (PS 861)

Ref. Segala keturunan akan menyebut aku bahagia

Ayat. (Mzm 45:10bc.11.12ab.16)

Dengarlah, hai puteri, lihatlah dan sedengkanlah telingamu, lupakanlah bangsamu dan seisi rumah ayahmu! Biarlah raja menjadi bergairah karena keelokanmu, Sebab dialah tuanmu! Sujudlah kepadanya.

Diantara mereka yang disayangi, terdapat puteri-puteri raja, Di sebelah kanamu berdiri permaisuri, berpakaian emas dari ofir.

Dengan sukacita dan sorak-sorai mereka dibawa; mereka masuk ke dalam istana raja.

 

Bacaan Kedua

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (15:20-26)

L = Saudara-saudara, Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan. Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya. Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.

Demikianlah Sabda Tuhan,

U = Syukur kepada Allah.

 

Bait Pengantar Injil

Ref. Alleluya

Ayat. Assumpta est Maria in caelum: Gaudet exercitus Angelorum

Ref : Alleluya

Ayat : Maria diangkat ke Surga, Para malaikat bergembira

INJIL

I = Tuhan sertamu

U = dan sertamu juga

I = Inilah injil Yesus Kristus menurut lukas (1:39-56)

U = Dimuliakanlah Tuhan

I = Pada suatu hari, sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, bergegaslah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antar semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?" Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana. Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hambanya-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya. seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya." Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.

Demikianlah Injil Tuhan

U = Terpujilah Kristus.

 

Homili

===================================
PERAYAAN PERKAWINAN

 

Mohon Restu

 

I Rudy dan Katarina, sebelum perayaan perkawinan Gereja kita laksanakan, kami persilahkan kalian berdua terlebih dahulu menghadap kedua orang tua kalian untuk mohon restu bagi perjalanan hidup yang hendak kalian awali ini.

Kedua mempelai menghadap orang tua, memohon doa restu.

Diiringi oleh lagu DOA SEORANG ANAK:

Di dalam doamu kau sebut namaku
Di dalam harapmu kau sebut namaku
Di dalam segala hal namaku di hatimu
Tak dapat kubalas cintamu ayahku
Takkan kulupakan nasehatmu ibu
Hormati orang tuamu agar lanjut umurmu di bumi

REFF:
T'rima kasih ayah dan ibu kasih sayangmu padaku
Pengorbananmu meneteskan peluh tuk kebahagiaanku
Tuhan lindungi ayah ibuku dalam doaku berseru
Tetes air matamu yang kau tabur dituai bahagia

Trima kasih ayah dan ibu kasih sayangmu padaku
Pengorbananmu meneteskan peluh tuk kebahagiaanku
Tuhan lindungi ayah ibuku dalam doaku berseru
Tetes air matamu yang kau tabur dituai bahagia

Pengantar

Pengantin menyanyikan lagu BERKATILAH :

Bapa yang disurga, kami berdua
Bersujud didepanMu, di altar mulia
Saling mengucap kata berserah setia
Ingin hidup berdua dengan penuh cinta

Smoga Engkau berkati niat suci ini
Padu menjadi satu di dalam namaMu
Bapa yang disurga, bimbinglah kami
Agar cinta yang suci kekal dan abadi

Berkatilah mereka semoga bahagia
Tiada hari berlalu tanpa kasih mesra
Terima kasih Bapa atas kurniaMu
Di hari indah ini kami bahagia
Berkatilah mereka, berkatilah kami

 

Para saksi perkawinan berdiri mendampingi mempelai (para saksi tidak perlu ditanyai). Di hadapan mempelai yang berdiri imam menyampaikan pengantar:

I = Mempelai yang berbahagia, kalian datang di tempat ini untuk menerima berkat Tuhan karena kalian berniat untuk saling mengikat diri dalam hidup perkawinan, para pelayan Gereja dan saudara-saudarimu seiman juga hadir disini untuk menyaksikan peristiwa penuh rahmat ini. Kristus memberikan berkat melimpah bagi cinta kalian sebagai suami istri. Ia telah menguduskan kalian dalam pembabtisan dan kini Ia memperkaya serta memperkuat kalian dengan sakramen perkawinan ini. Semoga kalian saling mempercayai dan melaksanakan kewajiban-kewajiban hidup perkawinan. Kini saya minta kalian menyatakan niat itu dihadapan Gereja.

Pernyataan Mempelai

I = Rudy dan Katarina, sungguhkah kalian dengan hati bebas dan tulus ikhlas hendak meresmikan perkawinan ini?

M = Ya, Sungguh

I = Selama menjalani perkawinan nanti, bersediakah kalian untuk saling mengasihi dan saling menghormati sepanjang hidup?

M = Ya, saya bersedia

I = Bersediakah kalian dengan penuh kasih sayang menerima anak-anak yang dianugerahkan Allah kepada kalian, dan mendidik mereka sesuai hukum Kristus dan GerejaNya?

M = Ya, saya bersedia

Kesepakatan Perkawinan

I = Untuk mengikrarkan perkawinan kudus ini, silahkan kalian saling berjabatan tangan kanan dan menyatakan kesepakatan kalian di hadapan Allah dan GerejaNya.

Kedua mempelai saling menghadap, berjabat tangan kanan, dan sambil bergantian mengucapkan janji masing-masing

Joseph =

Saya,

Joseph.............,

Memilih Engkau,

 Maria ...........

Menjadi Istri Saya.

Saya Berjanji Untuk Setia Mengabdikan Diri Kepadamu dalam untung dan malang, di waktu sehat dan sakit. Saya mau mengasihi dan menghormati engkau sepanjang hidup saya.

Maria=

Saya,

Maria ...........,

Memilih Engkau ,

Joseph.............,

Menjadi suami Saya.

Saya Berjanji Untuk Setia Mengabdikan Diri Kepadamu dalam untung dan malang, di waktu sehat dan sakit. Saya mau mengasihi dan menghormati engkau sepanjang hidup saya.

 

Penerimaan Kesepakatan Perkawinan

I = Atas nama Gereja Allah, di hadapan para saksi dan umat Allah yang hadir disini, saya menegaskan bahwa perkawinan yang telah diresmikan ini adalah perkawinan katolik yang sah. Semoga bagi kalian berdua sakramen ini menjadi sumber kekuatan dan kebahagiaan.

Yang dipersatukan Allah, janganlah diceraikan manusia

U = Amin

I = Marilah memuji Tuhan

U = Syukur kepada Allah

Pemberkatan dan Pengenaan Cincin

I = Ya Tuhan berkatilah + kedua cincin ini. Semoga kedua mempelai yang mengenakannya tetap bersatu dalam kesetiaan; tinggal dalam damai menurut kehendak-Mu; saling mengasihi dan menghormati. Semoga mereka selalu hidup dalam cinta kasih satu sama lain. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami

I = Joseph kenakanlah cincin ini pada jari istrimu sebaga lambang cinta dan kesetiaan

M = Maria, terimalah cincin ini sebagai lambang cintaku dan kesetiaanku kepadamu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

I = Maria kenakanlah cincin ini pada jari suamimu sebaga lambang cinta dan kesetiaan

M = Joseph, terimalah cincin ini sebagai lambang cintaku dan kesetiaanku kepadamu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

Pembukaan Kerudung

I = Semoga kalian berdua selalu saling memandang dengan wajah penuh cinta. Semoga ikatan cinta kasih kalian berdua yang diresmikan dalam perayaan ini menjadi sumber kebahagiaan sejati 

Penyerahan Kitab Suci, Salib, dan Rosario

Imam memberkati kitab suci, Salib dan Rosario kemudian Imam menyerahkan kepada orang Tua. Orang Tua akan menyerahkan kepada mempelai.

Ot = Joseph dan Maria, terimalah benda-benda Rohani ini sebagai tanda warisan iman kami. Rosario ini melambangkan penyertaan Bunda Maria dalam pernikahan kalian, Bunda Maria adalah model umat beriman, apa yang Bunda alami juga kita alami, Bunda adalah contoh pengikut Kristus yang sejati. maka teladanilah dia, niscaya kalian juga akan sampai pada Yesus PuteraNya, seperti pada waktu perkawinan di kana, ia membimbing agar orang dapat sampai pada Yesus puteranya.

Salib ini melambangkan pengurbanan Yesus Kristus Putera Maria yang memberikan keselamatan kepada kita semua, Dari salib ini terpancar keselamatan yang menyelamatkan semua manusia. Hendaklah kalian juga saling berkurban, jangan sampai keegoisan kalian merusak rumah tangga yang sudah kalian bangun.

Bacalah kitab suci ini, didalam kitab suci ini terdapat uraian sejarah keselamatan yang telah Allah mulai dengan karya penciptaaan, berpuncak pada Yesus Kristus, dan janji akan hidup kekal sebagai kegenapan akan karya Keselamatan Allah. semoga dengan membaca kitab suci ini, kalian semakin erat bersatu dengan Kristus dan semakin dapat menyerupai Kristus.

M = Terima kasih

Penyerahan Brevir

Imam memberkati Brevir yang tersedia kemudian memberikan kepada mempelai

I = Tetaplah memuji Tuhan dan memohonkan keselamatan seluruh dunia dengan setia mengikuti perayaan ekaristi setiap hari dan mendoakan ibadat harian (bdk SC 83)

 
Syahadat

I = Marilah kita membaharui iman kepercayaan kita:

Aku percaya akan satu Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi, dan akan segala sesuatu yang kelihatan dan tak kelihatan. Dan akan satu Tuhan Yesus Kristus, Putera Allah yang tunggal, Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad. Allah dari allah, terang dari terang, Allah benar dari Allah benar, Ia dilahirkan bukan dijadikan, sehakikat dengan Bapa: segala sesuatu dijadikan oleh-Nya. Ia turun dari surga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita.

(semua membungkuk) Ia dikandung dari Roh Kudus dilahirkan Perawan Maria, dan menjadi manusia. (semua tegak kembali)

Ia pun disalibkan untuk kita waktu Pontius Pilatus; Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan, pada hari ketiga Ia bangkit, menurut Kitab Suci, Ia naik ke surga duduk di sisi Bapa. Ia akan kembali dengan mulia, mengadili orang yang hidup dan yang mati; kerajaan-Nya takkan berakhir. Aku percaya akan Roh Kudus, Ia Tuhan yang menghidupkan: Ia berasal dari Bapa dan Putera. Yang serta Bapa dan Putera disembah dan dimuliakan: Ia bersabda dengan perantaraan para nabi. Aku percaya akan Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Aku mengakui satu pembaptisan demi pengampunan dosa. Aku menantikan kebangkitan orang mati dan hidup di akhirat. Amin

Doa Umat

I = Saudara-saudara terkasih, pada perayaan Santa Maria Diangkat ke surga, marilah kita berdoa kepada Bapa yang telah berkenan memilih Maria menjadi Bunda Yesus Kristus.

L = Bagi Gereja Allah, ya Bapa semoga perayaan ini mengingatkan Gereja bahwa tujuan akhir perziarahannya di bumi adalah menuju rumah Allah di surga sebagaimana yang telah dialami lebih dahulu oleh Maria. Marilah kita mohon

U = Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

L = Bagi Joseph dan Maria, Semoga mereka menghayati hidup perkawinan dalam cinta kasih dan damai, sehingga rahmat dan kebaikan Kristus bersinar dari rumah tangga mereka. Berilah mereka kesuburan, sehingga mereka turut berpartisipasi dalam karya penciptaanMu secara sempurna dengan hadirnya anak-anak dalam keluarga mereka. Kami mohon.

U = Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

L = Semoga Joseph dan Maria tetap sehat walafiat dan sanggup menjalankan tugasnya dalam masyarakat, sehigga mereka berjasa bagi sesama, dan keluarga mereka aman sentosa dalam lindunganMu. Kami mohon dan akhirnya kelak dapat berbahagia bersama Engkau di rumahMu setelah mengakhiri perziarahan hidupnya didunia.

U = Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

L = Bagi orang tua kedua mempelai, ya Bapa, Semoga orang tua mereka merasa terhibur karena menyaksikan kebahagiaan anaknya, sehingga pengantin baru ini sungguh diterima dalam lingkungan kaum kerabatnya. Kami mohon.

U = Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

L = Bagi Ibu Farida yang berulang tahun, ya Bapa, semoga Engkau mengaruniakan kepadanya kesehatan yang baik dan usia yang panjang sehingga dapat berbahagia melihat anak-anak dan cucu-cucunya. Kami mohon

U= Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

I = Allah Bapa yang kuasa dan kekal, kami bersyukur kepadaMu atas pengangkatan Bunda Maria ke surga, kebahagiaan yang ia capai merupakan janji dan jaminan bagi kami, dengan perantaraan Kristus Tuhan kami.

U = Amin

======================================

LITURGI EKARISTI

Perarakan Persembahan

Teman-teman mempelai mengantar persembahan dari pintu utama gereja yaitu: Lilin, Bunga, Buah, Ampul, dan Sibori. Mempelai menerima persembahan yang diantar dan memberikan kepada imam.

Lagu Persembahan

Kupersembahkan kepada Tuhan
Seluruh hidupku segenap hatiku jiwa dan ragaku
Ku pasrah diri karya dan bakti bersama roti anggur yang kini kusembahakan dalam perjamuan suci ekaristi

Trimalah Tuhan syukur pujian, trima kasihku karna cinta Mu Tuhan
Sembah sujudku kepada Tuhan
Yang tlah memanggil aku dalam karya nan agung
Karya keselamatan yang abadi
Berkatilah yang Tuhan darma bakti hidupku untuk gereja dan negriku

Kupersembahkan kepada Tuhan
Kupersembahkan kepada Tuhan
Kupersembahkan kepada Tuhan

I = Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima roti yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari bumi dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi roti kehidupan.

U = Terpujilah Allah selama-lamanya

 

I = Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima anggur yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari pohon anggur dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi minuman rohani.

U = Terpujilah Allah selama-lamanya

I = Berdoalah, saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa

U = Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

I = Allah Bapa, kerinduan hati kami, terimalah kiranya roti dan anggur, tanda bakti yang kami persembahkan di altar. Semoga berkat doa permohonan Santa Perawan Maria, yang hari ini Kauangkat ke Surga dengan jiwa dan raganya, hati kami Kaukobarkan dengan api cinta kasih sejati, sehingga senantiasa merindukan Dikau. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami.

U = Amin

PREX EUCHARISTICA

DOA SYUKUR AGUNG

I Dóminus vobíscum.

Tuhan sertamu

U Et cum spíritu tuo.

Dan Sertamu juga

I Sursum corda.

Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan

U Habémus d Dóminum.

Sudah kami arahkan

I Grátias agámus Dómino Deo nostro.

Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita.

U Dignum et iustum est.

Sudah layak dan sepantasnya.

I Vere dignum et iustum est, aequum et salutáre, nos tibi semper et ubíque grátias ágere: Dómine, sancte Pater, omnípotens aetérne Deus: per Christum Dóminum nostrum. Quóniam Virgo Deípara hódie in caelos assúmpta est, Ecclésiae tuae consummándae inítium et imágo, ac pópulo peregrinánti certae spei et solácii documéntum; corruptiónem enim sepúlcri eam vidére mérito noluísti, quae Fílium tuum, vitae omnis auctórem, ineffabíliter de se génuit incarnátum. Et ídeo, choris angélicis sociáti, te laudámus, in gáudio confiténtes:

sungguh layak dan adil, layak dan menyelamatkan, ya Bapa yang kudus, Allah
yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun juga kami selalu bersyukur kepadaMu
dengan perantaraan Kristus Tuhan Kami. Sebab Santa Perawan Maria, Bunda
Kristus, pada hari ini diangkat ke surga. Dialah permulaan dan gambaran
Gereja yang sempurna. Dialah harapan dan hiburan bagi umat manusia yang
masih berziarah di dunia. Dia tidak Engkau biarkan mengalami kebinasaan
makam, sebab Ia telah melahirkan PuteraMu yang menciptakan kehidupan. Dari
sebab itu tergabung dalam paduan para malaikat kami wartakan pujianMu
sambil bernyanyi

I+U Sanctus, Sanctus, Sanctus Dóminus Deus Sábaoth. Pleni sunt caeli et terra glória tua. Hosánna in excélsis. Benedíctus qui venit in nómine Dómini. Hosánna in excélsis.

Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah segala kuasa. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga.

 

 

I Vere Sanctus es, Dómine, fons omnis sanctitátis. Haec ergo dona, quaesumus, Spíritus tui rore sanctífica, ut nobis Corpus et + Sanguis fiant Dómini nostri Iesu Christi.

 

Sungguh kuduslah Engkau, ya Bapa, Sumber segala kekudusan. Maka kami mohon: Kuduskanlah persembahan ini dengan pencurahan Roh-Mu, agar bagi kami menjadi Tubuh dan + Darah Putra-Mu terkasih Tuhan kami, Yesus Kristus.

Qui cum Passióni voluntárie traderétur, accépit panem et grátias agens fregit, dedítque discípulis suis, dicens:

Ketika akan diserahkan untuk menanggung sengsara dengan rela, Yesus mengambil roti, mengucap syukur kepada-Mu, lalu memecah-memecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, seraya berkata:

ACCÍPITE ET MANDUCÁTE EX HOC OMNES: HOC EST ENIM CORPUS MEUM, QUOD PRO VOBIS TRADÉTUR.

TERIMALAH DAN MAKANLAH: INILAH TUBUHKU YANG DISERAHKAN BAGIMU.

Símili modo, postquam cenátum est, accípiens et cálicem íterum tibi grátias agens dedit discípulis suis, dicens:

Demikian pula, sesudah perjamuan, Yesus mengambil piala. Sekali lagi Ia mengucap syukur kepada-Mu, lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya, seraya berkata:

ACCÍPITE ET BÍBITE EX EO OMNES: HIC EST ENIM CALIX SÁNGUINIS MEI NOVI ET AETÉRNI TESTAMÉNTI, QUI PRO VOBIS ET PRO MULTIS EFFUNDÉTUR IN REMISSIÓNEM PECCATÓRUM.

HOC FÁCITE IN MEAM COMMEMORATIÓNEM.

TERIMALAH DAN MINUMLAH:

INILAH PIALA DARAHKU,

DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL, YANG DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI BANYAK ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.

I Mystérium fídei.

 

Marilah menyatakan misteri iman kita.

U Mortem tuam annuntiámus, Dómine,

et tuam resurrectiónem confitémur,

donec vénias.

Wafat Kristus kita maklumkan, ebangkitan-Nya kita muliakan, kedatangan-Nya kita rindukan.

I Mémores ígitur mortis et resurrectiónis eius, tibi, Dómine, panem vitae et cálicem salútis offérimus, grátias agéntes quia nos dignos habuísti astáre coram te et tibi ministráre. Et súpplices deprecámur ut Córporis et Sánguinis Christi partícipes a Spíritu Sancto congregémur in unum.

Sambil mengenangkan wafat dan kebangkitan Kristus, kami mempersembahkan kepada-Mu, ya Bapa, roti kehidupan dan piala keselamatan. Kami bersyukur, sebab kami Engkau anggap layak menghadap Engkau dan berbakti kepada-Mu. Kami mohon agar kami yang menerima Tubuh dan Darah Kristus dihimpun menjadi satu umat oleh Roh kudus.

Recordáre, Dómine, Ecclésiae tuae toto orbe diffúsae, ut eam in caritáte perfícias una cum Papa nostro Benedicto. et Epíscopo nostro Ignatio. et univérso clero.

Bapa, perhatikanlah Gereja-Mu yang tersebar di seluruh bumi. Sempurnakanlah umat-Mu, dalam cinta kasih, dalam persatuan dengan Paus kami Benediktus dan Uskup kami Ignasius, serta para imam, diakon, dan semua pelayan sabda-Mu.

Recordáre quoque, Dómine, Rudy et Katarina. , quos ad diem nuptiárum perveníre tribuísti: ut grátia tua in mútua dilectióne et pace permáneant.

Ingatlah juga akan hamba-hambaMu, Rudy dan Katarina, yang telah Engkau antar sampai pada hari perkawinan ini. Semoga dengan bantuan rahmat-Mu mereka saling mencintai dan hidup rukun.

Meménto étiam fratrum nostrórum, qui in spe resurrectiónis dormiérunt, omniúmque in tua miseratióne defunctórum, et eos in lumen vultus tui admítte. Omnium nostrum, quaesumus, miserére, ut cum beáta Dei Genetríce Vírgine María, beátis Apóstolis et ómnibus Sanctis, qui tibi a saeculo placuérunt, aetérnae vitae mereámur esse consórtes, et te laudémus et glorificémus per Fílium tuum Iesum Christum.

Ingatlah (pula) akan saudara-saudari kami, kaum beriman, yang telah meninggal dengan harapan akan bangkit, dan akan semua orang yang telah berpulang dalam kerahiman-Mu. Terimalah mereka dalam cahaya wajah-Mu. Kasihanilah kami semua agar kami Engkau terima dalam kebahagiaan abadi bersama Santa Maria, Perawan dan Bunda Allah, bersama para rasul dan semua orang kudus dari masa ke masa yang hidupnya berkenan di hati-Mu. Semoga kamipun Engkau perkenankan turut serta memuji dan memuliakan Dikau, Dengan pegantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu.

Per ipsum, et cum ipso, et in ipso, est tibi Deo Patri omnipoténti, in unitáte Spíritus Sancti, omnis honor et glória per ómnia saecula saeculórum.

Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa.

U Amen.

Amin .

Pater Noster

I Praecéptis salutáribus móniti, et divína institutióne formáti, audémus dícere:

Bapa Kami

Atas petunjuk penyelamat kita, dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa:

Pater noster, qui es in cælis,

sanctificetur nomen tuum;

adveniat regnum tuum;

fiat voluntas tua,

sicut in caelo et in terra.

Panem nostrum cotidianum da nobis hodie,

et dimitte nobis debita nostra,

sicut et nos dimittimus debitoribus nostris;

 

et ne nos inducas in tentationem

Sed libera nos a malo.

Bapa kami yang ada disurga, dimuliakanlah namamu,

datanglah kerajaanmu;

jadilah kehendakMu,

diatas bumi seperti di dalam surga.

Berilah kami rejeki pada hari ini,

dan ampunilah kesalahan kami,

seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami.

Dan janganlah masukkan

kami kedalam pencobaan,

tetapi bebaskanlah kami

dari yang yang jahat.

Berkat Untuk Mempelai

Embolisme-Doksologi ditiadakan, setelah Bapa Kami, imam berdiri dihadapan kedua mempelai yang berlutut ditempat mereka.

I = Saudara-saudari terkasih, Marilah kita berdoa dengan rendah hati agar Tuhan berkenan melimpahkan anugerah berkat-Nya Atas hamba-hamba-Mu ini Yang sudah menikah dalam Kristus Dan yang sudah diikat-Nya dengan janji suci Dengan Sakramen Tubuh dan Darah Kristus. Serta dibuat-Nya sehati sejiwa dalam satu kasih

Hening

Allah, Engkau menciptakan segala sesuatu dengan kekuatan kuasaMu. Engkau menciptakan manusia menurut citra-Mu Engkau menciptakan laki-laki dan perempuan supaya mereka dipadukan menjadi satu. Engkau mengajarkan bahwa perkawinan yang telah Engkau teguhkan Tak boleh diceraikan. Ya Allah, Engkau menguduskan ikatan suami istri Dan mengangkat janji perkawinan Menjadi lambang persatuan Kristus dengan Gereja. Allah, sejak awal mula Engkau menghubungkan laki-laki dan perempuan, dan memberkati perkawinan mereka dengan kesuburan. Inilah satu-satunya berkat yang tidak dibatalkan oleh dosa asal dan tidak pula dihanyutkan oleh air bah.

Kini perhatikanlah dengan murah hati putra-putriMu ini, Yang telah Engkau persatukan dalam perkawinan. Mereka memohonkan kekuatan rahmat-Mu: Curahkanlah ke atas mereka anugerah Roh Kudus Agar mereka tetap setia pada ikatan janji perkawinan, karena kekuatan cinta-Mu Yang meresapi hati sanubari mereka.

Pandanglah dengan rela Maria, putri-Mu ini, Agar rahmat cinta dan damai tinggal dalam hatinya. Semoga ia menjadi istri yang setia dan ibu yang baik Seperti para perempuan kudus yang dipuji dalam Kitab Suci.

Kami berdoa pula untuk, Joseph, putraMu ini, Semoga ia selalu berusaha menunaikan tanggung jawabnya, baik tehadap istri dan anak-anak, maupun terhadap masyarakat. Seperti Kristus mencintai Gereja-Nya.

Dan kini kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, Semoga kedua mempelai ini tetap berpegang pada iman dan perintah-perintah- Mu Semoga mereka bersatu sebagai suami - istri, Terpandang karena peri hidup yang baik Dan berjasa untuk sesama dalam lingkungan mereka. Kuatkanlah mereka dengan semangat Injil Sehingga mereka menjadi saksi Kristus Bagi semua orang.

Semoga mereka subur dan berketurunan. Menjadi orangtua yang patut dicontoh Dan berbahagia melihat anak cucu mereka. Semoga mereka mencapai usia lanjut dan akhirnya Memasuki kehidupan bahagia dalam Kerajaan Surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U = Amin

 

I = Damai Tuhan bersamamu.

U = Dan bersama rohmu

Pemecahan Hosti

Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, miserere nobis.
Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, miserere nobis.
Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, dona nobis pacem.

Persiapan Komuni

I = Inilah anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya.

U = Ya Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Penerimaan Tubuh (dan Darah) Kristus

Penerimaan komuni diiringi lagu Panis Angelicus dan Ave Verum Corpus

Panis angelicus
Fit panis hominum;
Dat panis coelicus
Figuris terminum:
O res mirabilis!
Manducat Dominum
Pauper, Pauper,
servus et humilis
Pauper, Pauper,
servus et humilis

Ave, verum corpus
natum de Maria Virgine,
Vere passum immolatum
in Cruce pro homine,
Cujus latus perforatum
unda fluxit et sanguine,
Esto nobis praegustatum
in mortis examine.
in mortis examine.

Pembersihan Bejana

Saat hening (memberikan kesempatan berdoa dalam hati)

Doa Sesudah Komuni

I = Marilah Berdoa

Allah Bapa, kehidupan dan kebangkitan kami, kami telah Kauperkenankan ikut serta dalam perjamuan suci guna menghormati Santa Perawan Maria yang diangkat ke surga. Semoga berkat pertolongan Bunda Putera-Mu, kami dapat sampai kepada Yesus PuteraMu dan mengalami kebangkitan yang Mulia. Sebab dialah Tuhan dan pengantara kami

U = Amin


RITUS PENUTUP

Berkat Meriah

I = Saudara-saudari, marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan memohon berkat Tuhan

Hening sejenak

I = Semoga Allah Bapa yang kekal memelihara kalian dalam cinta kasih dan kerukunan, supaya damai Kristus senantiasa tinggal dalam diri dan dalam rumah kalian

U = Amin

I = Semoga kalian diberkati dengan keturunan, memperoleh penghiburan dari para sahabat dan kenalan, dan hidup dalam damai sejati dengan semua orang.

U = Amin

I = Semoga kalian menjadi saksi kasih Allah dalam dunia, dan berhati dermawan bagi mereka yang menderita dan berkekurangan, agar kelak mereka menyambut kalian dengan penuh terima kasih ke dalam kediaman Allah yang kekal

U = Amin

 

I = Dan semoga saudara sekalian yang hadir disini diberkati oleh Allah yang mahakuasa: Bapa + dan Putera dan Roh Kudus

U = Amin

Pengutusan

I = Saudara-saudari terkasih dengan ini perayaan Ekaristi dan Perkawinan Rudy dan Katarina sudah selesai

U = Syukur kepada Allah

I = Marilah kita pergi dan memberi kesaksian tentang kebaikan Tuhan

U = Amin

=====================================

Berdoa kepada Bunda Maria

Salve, Regina, Mater misericordiae,
vita, dulcedo, et spes nostra, salve.
ad te clamamus exsules filii Hevae,
ad te suspiramus, gementes et flentes
in hac lacrimarum valle.
Eia, ergo, advocata nostra, illos tuos
misericordes oculos ad nos converte;
et Jesum, benedictum fructum ventris tui,
nobis post hoc exsilium ostende.
O clemens, O pia, O dulcis Virgo Maria.

Rudy Doakanlah kami ya Santa Bunda Allah

Ina Supaya kami dapat menikmati janji Kristus

R & I = Ya, Allah melalui perantaraan doa Bunda Maria, Engkau melimpahi berkatMu kepada pasangan yang menikah di Kana, semoga karena Doa dan Perlindungan Santa Perawan Maria kamipun menikmati kelimpahan berkatMu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

=====================================


Penandatanganan Surat Perkawinan

Penandatanganan dilakukan oleh mempelai, para saksi dan imam. Penandatanganan dilakukan di meja kredens dan bukan di Altar .

Diiringi oleh lagu Aku memilih Engkau

Aku memilih engkau
Menjadi istriku
Aku berjanji setia padamu
Dalam untung dan malang
Di waktu sehat dan sakit,
ku akan mencintai dan menghormatimu
sepanjang hidupku,
sampai di ujung usiaku

Aku memilih engkau
Menjadi suamiku
Aku berjanji setia padamu
Dalam untung dan malang
Di waktu sehat dan sakit,
ku akan mencintai dan menghormatimu
sepanjang hidupku,
sampai di ujung usiaku

Semoga Tuhan memperteguhkan janji ini,
Yang kalian nyatakan di hadapan Gereja yang suci
Semoga Tuhan berkenan melimpahkan berkat-Nya
Kepada kalian berdua
Yang dipersatukan Allah
Janganlah diceraikan manusia

 

MC Kami persilahkan bagi kedua mempelai untuk berdiri didepan altar untuk mengabadikan beberapa foto. Urutan pengambilan foto adalah sebagai berikut :

• Mempelai dengan Romo
• Mempelai dengan Romo dan Kedua orang tua
• Memepelai dengan Romo dan keluarga inti mempelai pria
• Mempelai dengan Romo dan keluarga inti mempelai wanita
• Mempelai dengan Romo, saksi, misdinar,persembahan,dan lektor
• Mempelai dengan Romo dan anggota koor
• Mempelai dengan kerabat

Perarakan Keluar Gereja Umat berdiri
Setalah para undangan memeberi selamat maka mempelai keluar gereja diiringi lagu pengiring

Ucapan Terima Kasih

Dengan penuh rasa Syukur pada Yesus Kristus,
Kami mengucapkan terima kasih kepada :
Romo Gilbert Keirsbilck, CICM
Romo Bernadus Agus Rukiyanto, SJ
Romo Antonius Tukiran, MSC
Romo Sylvester Nong, Pr
Romo Rofinus Rasa, CICM
Romo Sylvester Harry Pamungkas, Pr

Putra-Putri Altar Paroki St.
Saksi (Bp. ...... dan Ibu .......)
Koster (........ & ........)
Staff Sekretariat Paroki (Bp. ........ dan Bp. ........)
Petugas Catatan sipil
Lektor (........ & ........)
Paduan Suara / Koor
Petugas Persembahan
(........., ........., ........., ........., ........., ........., ........., .........,)
Dekorasi .........
Seluruh keluarga, sahabat, panitia dan semua pihak yang telah hadir, memberikan dukungan dan doa restu dalam pelaksanaan perayaan ini.

 

Semoga Tuhan memberkati kita.
Kami yang berbahagia
Kel. .......... Kel. ..........

 

 

Contoh Teks misa ini seizin Thomas Rudy dan istri
www.imankatolik.or.id

2.8
Your rating: None Average: 2.8 (5 votes)

Comments

Bikin Buku Misa Pernikahan katolik

Buku Misa

 
Sunday, May 23, 2010
 

Salah satu kelengkapan untuk pemberkatan gereja adalah buku misa (panduan ibadah). File buku misa sudah didapat minggu lalu dari sekretariat gereja dan tinggal kami ubah namanya saja dengan nama kami. Tapi habis itu juga harus diprint dan serahkan kembali kepada pastor untuk dikoreksi lagi apakah sudah pas.

Sesudahnya untuk memperbanyak buku misa ini sekitar 75 copy rasanya sudah cukup, karena biasanya yang datang ke pemberkatan paling keluarga dan teman dekat saja. Waktu nanya ke H-nie cards (yang bikin undangan kita) katanya kena sekitar 5000-6000 rupiah per eks nya, isi hvs hitam putih dengan cover warna. Mahal juga sih pikir kita jadi mending fotocopy saja, trus covernya bikin sendiri aja dan diprint. jadinya mungkin seperti ini kalau bikin sendiri jadi bisa ada nama dan tanggal di covernya.

Trus isi buku misanya bagian belakang mau niru punyanya Grace&Stephen. Namun berhubung waktu sudah mendesak masih ada banyak urusan yang kudu diselesaikan akhirnya gue gak jadi bikin. Rencana berubah jadi fotokopi ke kertas bufalo warna aja dah kovernya. Tapi setelah kami bayangin lagi koq kaya diktat kuliah ya, kurang gimana gitu….

Lalu Octa temen kami (She`s gonna married next month) kasih tahu kalau ada cover buku misa yang dijual jadi di toko Imanuel tanjung duren, dekat pasar kopro. Akhirnya kemarin kami berdua ke sana aja lihat lihat, ada banyak model sih and harganya juga gak mahal, dijual per lembar 1000. ditambah ongkos fotokopi gak bakal sampe 3000an lah bikin bukunya so lumayan untuk cost saving tapi tetep tampilannya sedap dipandang.

Lagi milih milih, tetep narsis dong :)

Cover pilihan Jeje, dia suka yang hijau

Cover pilihan gue

cover cover yang lain dijual disana

Yang ini import, gak dijual satuan tapi langsung per 200 lembar satu pak.

Habis itu kita makan bareng di Bakso jawir, tepat di sebrang toko imanuel ini yumm enyaaak baksonya.
tetep narsis dulu sebelum makan :)

Bakso wenak

Habis itu langsung ke tukang fotokopi langganan deh buat dibikin buku misanya.  Oh ya ukuran covernya kertas kuarto, sedangkan waktu diprint gue pakai kertas A4 jadinya minta tukang fotokopi yang atur aja dah, tinggal hari senin kita terima dah jadi deh buku misa kita. One misson complete juga nih.

Waktu  pulang, kita mampir dulu ke CL mall, di toko Haleluya ada jual juga tapi lebih mahal per lembarnya 1350. mungkin karena di mall jadi sewa tempatnya lebih mahal ya. Tapi ilustrasinya beda sih sama yang di Imanuel. Yang dijual di Haleluya lebih vintage desainnya menurut gue. mau yang mana? terserah selera masing-masing aja

All Foto dokumen pribadi by me and my samsung cellphone :)

sumber : lifestyle.kompasiana.com/hobi/2010/05/23/bikin-buku-misa-pernikahan-katolik/

Basilika Kerahiman Ilahi di Krakow-Lagiewniki, yang sempat dikonsekrasikan oleh Beato JP II. Di Lagiewniki St. Faustina meninggal dunia.

 

Catholic Church of St. Nicholas, Frauenfeld, Diocese of Basel, Switzerland
(FB : catholic church)

Mari kita mendukung Paus Fransiskus dengan banyak berdoa Rosari, sebab saat ini Sri Paus tengah menanggung Salib karena banyak orang hendak menyudutkan beliau dengan menulis hal-hal yang menyesatkan dan ingin merusak kesatuan umat beriman di bawah kepemimpinan Bapa Suci, Wakil Kristus di dunia. Semoga Tuhan mengasihani Paus Fransiskus dan Roh Kudus melindungi seluruh umat beriman.
(FB : Sherley H. Mandelli )

 


 

Mgr Subianto tahbiskan gereja tujuh gunungan atap yang pernah bermasalah. Karena rahmat Kristus, cinta kasih Allah, berkat karunia Roh Kudus, dan bantuan umat beriman di tempat lain, umat beriman Cikampek membangun gereja, bagaikan di padang gurun.
(courtesy :  " penakatolik com")