Misa untuk Duta Vatikan yang baru

herman02's picture

Gereja Katolik sambut duta Vatikan yang baru


Mgr Antonio Guido Filipazzi (kiri) didampingi Ketua KWI Mgr Martinus Dogma Situmorang, OFMCap
Gereja Katolik Indonesia telah menyambut Duta Vatikan yang baru untuk Indonesia Uskup Agung Antonio Guido Filipazzi.
 
Prelatus itu memperkenalkan diri melalui Misa yang diadakan pada 29 Juni di Gereja Katedral St. Perawan Maria di Angkat ke Surga, Jakarta.
Ia menjadi konselebran utama yang didampingi oleh Mgr Martinus Dogma Situmorang OFMCap, ketua presidium Konferensi Waligereja Indonesia, Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, dan Uskup Sanggau Mgr Giulio Mencuccini CP.
 
Pada 23 Maret, Paus Benediktus XVI mengangkatnya sebagai nuncio untuk Indonesia. Ia menggantikan Uskup Agung Leopoldo Girelli, yang diangkat menjadi duta Vatikan untuk Singapora, Malaysia, Brunei Darussalam, serta Vietnam pada 13 Januari.
 
Nuncio baru, yang fasik berbahasa Inggris, Perancis, Jerman dan Spanyol, lahir pada 8 Oktober 1963 di Melzo, Italia. Ia ditahbiskan sebagai imam tahun 1987 dan diangkat sebagai uskup agung titular Sutrium pada Januari.
 
Kepada sekitar 500 umat Katolik termasuk para duta besar Negara-negara sahabat, Uskup Agung Filipazzi mengatakan dalam homilinya, “Saya senang berada di tengah kalian dan bersama kalian melayani Indonesia.”
“Kita harus mewartakan Yesus yang kita imani dalam kehidupan kita di tengah masyarakat, serta berkomitmen terhadap iman kita di dalam dan di luar Gereja,” katanya dalam tiga bahasa — Inggris, Latin dan Indonesia.
Ia mengatakan pertama kali ia menginjakan kakinya di Indonesia dan juga pertama sebagai wakil Vatikan untuk Gereja lokal (Indonesia).
Ia mengatakan ia akan memberikan kesaksian tentang Kabar Gembira untuk melayani Gereja dan negara.
 
Sementara itu, Uskup Situmorang mengatakan dalam sambutannya, “Saya atasnama Gereja Indonesia menyampaikan selamat datang kepada nuncio di Jakarta.”
“Kami akan bekerjasama dengan Anda untuk membangun masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu saya mengajak umat Katolik untuk mendukung baik moral maupun spiritual kepada Nuncio sehingga Beliau nyaman untuk melayani Gereja Indonesia,” tambah prelatus itu.
 

sumber : Konradus Epa, Jakarta
cathnewsindonesia.com
----------------------------------------------------------

PS. Bagi yang hendak menyaksikan Upacara Pentahbisan Uskup dari Mgr. Filipazzi, silahkan klik link berikut:
 
http://www.youtube.com/watch?v=AyTIHZEdkZg

0
Your rating: None

Basilika Kerahiman Ilahi di Krakow-Lagiewniki, yang sempat dikonsekrasikan oleh Beato JP II. Di Lagiewniki St. Faustina meninggal dunia.