Renungan, 26 April

Mewartakan Injil: Renungan Kamis, 26 April 2012
Dalam Kis 8,1b dikatakan bahwa setelah kematian Stefanus, mulailah penganiayaan terhadap jemaat Kristen di Yerusalem sehingga mereka tersebar ke daerah Yudea dan Samaria. Menyingkir ke tempat lain, justru menjadi kesempatan untuk mewartakan Injil. Demikianlah, Filipus, salah satu dari tujuh diakon (Kis 6,5), sampai ke Samaria dan memberitakan Kabar Gembira di sana (Kis 8,4-13).

Kisah yang kita dengar hari ini, yaitu pertemuan antara Filipus dengan sida-sida dari Etiopia bisa dipandang sebagai perwujudan awal dari tugas misi Gereja membawa Injil ke seluruh dunia. Ini merupakan langkah pertama karena pewartaan Injil kepada orang non-Yahudi masih terjadi di daerah Palestina, yang merupakan teritori bangsa Yahudi. Perwujudan penuh dari misi Gereja akan terjadi ketika para misionaris Kristen, terutama Paulus, nantinya akan ke luar dari daerah Yahudi. Dalam kisah hari ini Filipus membantu sida-sida Etiopia itu memahami dan menafsirkan Alkitab. Teks yang ditanyakan adalah bagian dari Kidung Hamba YHWH keempat (ay 32-33 bdk Yes 53,7-8). Filipus membantunya dengan menunjukkan, apa yang dinubuatkan oleh Nabi Yesaya itu sudah terpenuhi dalam diri Yesus Kristus.

Di sekitar kita rasanya masih banyak sesama kita yang mempunyai kerinduan, membutuhkan pemahaman baru akan realitas hidup ini. Apakah kita bisa membantu mereka sebagaimana Filipus membantu sida-sida Etiopia dengan menafsirkan kerinduan mereka dalam terang Kristus?

V. Indra Sanjaya Pr
(hidupkatolik.com)

0
Your rating: None

Basilika Kerahiman Ilahi di Krakow-Lagiewniki, yang sempat dikonsekrasikan oleh Beato JP II. Di Lagiewniki St. Faustina meninggal dunia.

 

Catholic Church of St. Nicholas, Frauenfeld, Diocese of Basel, Switzerland
(FB : catholic church)

Mari kita mendukung Paus Fransiskus dengan banyak berdoa Rosari, sebab saat ini Sri Paus tengah menanggung Salib karena banyak orang hendak menyudutkan beliau dengan menulis hal-hal yang menyesatkan dan ingin merusak kesatuan umat beriman di bawah kepemimpinan Bapa Suci, Wakil Kristus di dunia. Semoga Tuhan mengasihani Paus Fransiskus dan Roh Kudus melindungi seluruh umat beriman.
(FB : Sherley H. Mandelli )

 


 

Mgr Subianto tahbiskan gereja tujuh gunungan atap yang pernah bermasalah. Karena rahmat Kristus, cinta kasih Allah, berkat karunia Roh Kudus, dan bantuan umat beriman di tempat lain, umat beriman Cikampek membangun gereja, bagaikan di padang gurun.
(courtesy :  " penakatolik com")